Rabu, 24 Juni 2015

INDONESIA LEBIH BAIK

1. Gunakan air seperlunya
Kalau anda punya mobil dan sopir pribadi, anda yang menentukan kapan mobil anda harus dicuci, bukan sang supir. Kalau biasanya supir mencuci mobil setiap hari, suruhlah dia mencuci dua hari sekali atau tiga hari sekali. Bayangkan berapa liter air yang diselamatkan setiap hari bila semua orang memiliki mobil tidak mencuci mobilnya setiap hari.

2. Berlalu-lintas yang baik
Menurut saya, salah satu kontribusi kemacetan di Indonesia karena para pengemudi di jalan raya tidak mengindahkan aturan, karena mereka memang tidak tahu aturan yang ada. Mereka mungkin supir taksi, supir pribadi yang baru, sopir angkutan kota yang baru dalam tahap-tahap awal "bekerja" sehingga apa yang mereka lakukan dijalan raya hanya sekedar mengikuti 'insting'.

                                                                                3. Kurangi penggunaan kantong plastik
Add caption
Biasakan bawa kantong belanja sendiri. Kalau anda pergi berbelanja dengan pembantu, minta pembantu menyiapkan kantong plastik dari pada mengandalkan kantong plastik dari supermarket. Membawa pulang kantong plastik ke rumah dan menyimpannya tidak akan membuat anda lebih kaya.

4. Kurangi menonton televisi
Sejak pindah ke Melbourne dari Adelaide setahun lalu, saya tidak pernah lagi menonton televisi sama sekali dan sebelumnya juga sudah sangat jarang. Sampai sekarang saya tidak pernah merasa kekurangan informasi. Televisi memang digantikan oleh internet, namun juga dengan tidak tergantung pada televisi, saay menjadi lebih bebas, untuk melakukan banyak hal tanpa terikat. Membaca buku, berjalan kaki, dan bahkan belajar memasak.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar